cara-build-apk-di-android-studio-untuk-playstore
Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore

Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore

Diposting pada

Malasngucap.com – Setelah Sekian lama vacum menulis karena saya harus mengikuti Sertifikasi Programing Android. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing mengenai Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore.

Build APK (Android Application Package) adalah sebuah file kompilasi/executable di Android Studio. Lebih Singkatnya Pemahaman Build APK adalah sama seperti exe pada compilasi Visual Basic 6 jika anda pernah membuat project desktop tersebut. Nantinya file Build APK ini lah yang akan kita gunakan untuk melakukan Upload Ke dalam Playstore / Google Play.

Berdasarkan pengalaman yang saya lakukan dalam belajar Aplikasi Android Studio. Build APK sebenarnya di bagi 2 menurut saya. Yaitu Build APK Dengan Signature, dan Build APK tanpa Signature.

Build APK Tanpa Signature

Build APK tanpa Signature yang saya maksud disini adalah kita melakukan build Bundle APK tanpa menggunakan Sebuah Keystore. Biasanya hal ini saya gunakan Untuk kebutuhan Debug Aplikasi di awal-awal saya belajar Android Studio.

Adapun langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :

Silahkan anda Klik menu Build -> Build bundle(s) / APK(s) -> Build APK(s).

Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore

Jika Sudah silahkan anda tunggu Prosesnya sampai selesai. Lama atau cepatnya Prosesnya tergantung seberapa bagus Spesifikasi Laptop dan Aplikasi anda sendiri ya.

Jika sudah selesai maka akan ada notifikasi seperti dibawah ini di pojok Kanan Bawah.

Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore

Jika Sudah silahkan anda klik Locate untuk menuju file Build APK. Jika sudah anda bisa mengkopi file APK tersebut dan mencoba Instal Di Smartphone Anda.

Build APK Dengan Signature

Build APK dengan Signature disini adalah kita membuat File APK dengan menggunakan keystore. Keystore adalah berkas biner yang berisi satu atau sekumpulan private key. Nanti nya dengan Keystore ini kita dapat gunakan untuk mencegah pemalsuan Aplikasi yang terjadi ya.

Selain itu beberapa kegunaan keystore adalah untuk melakukan integrasi Google seperti Google Maps, dengan cara memakai nilai hash (digest SHA1) di dalamnya. Dan dengan Keysotre anda juga bisa melakukan integrasi API Facebook dengan key hash base64 yang ada didalam Keystore Aplikasi anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat file APK dengan Signature Keystore :

Silahkan klik menu Build -> Generate Signed Bundle / APK

Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore

Jika sudah akan tampilan Menu Generate Signed Bundle or APK seperti dibawah ini

Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore

Terdapat 2 pilihan yaitu Android App Bundle dan APK. Untuk Android App Bundle sebuah format baru yang mempunyai file unduh lebih kecil. fitur on-demand aplikasi dan pembuatan modul asset tertentu. Kita Pilih Saja yang APK ya.

Selanjutnya karena kita belum pernah membuat signed Bundle APK. Klik saja create new.

Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore

Selajutnya Silahkan Anda Isikan Data yang diperlukan pada form dibawah ini

Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore

Sedikit saya jelaskan :

  • Keystore Path adalah tempat dimana anda meletakan Keystore yang akan anda buat. ( jangan Sampai Anda Lupa ya. soalnya nati akan di panggil lagi jika anda ingin Build APK.
  • Password silahkan anda isikan password minimal 6 karakter. usahakan isikan password di atas dengan key password di bawahnya berbeda yah.
  • Alias ini adalah nama alias dari keystore yang anda mau buat.
  • Validity lama validasi keystore anda ( dalam tahun ).
  • Tab certified isikan data ini dengan baik dan benar ya.

Setelah itu Klik OK.

Selanjutnya anda klik Next ya. Nanti disini anda akan dihadapkan dengan beberapa Option.

Cara Build APK di Android Studio untuk Playstore

Pada Build Variants, Anda bisa memilih debug ( untuk tester aplikasi ) atau release ( biasanya untuk upload ke Playstore ). Pada Signature versions Pilih saja V2 (Full APK Signature).

Tunggu Prosesnya sampai selesai sama seperti pada langkah pembuatan Build APK tanpa Signature. Jika sudah selesai akan muncul pesan di pojok Kanan Bawah.

Kesimpulan

Kita sudah membahas Bagaimana cara Build APK di Android Studio baik itu dengan Signature Keystore ataupun tidak. Disini saya merekomendasikan anda agar melakukannya dengan SIgnature Keystore untuk Kebutuhan apapun. Karena jika kita melakukan hal tersebut tanpa Signature Keystore anda tidak dapat melakukan Upload ke Playstore.

Oh ya, anda bisa melakukan atau merubah version aplikasi pada build.gradle(Module:app). Tujuannya adalah jika anda ingin Upload ke Playstore dengan Versi yang berbeda ( Update versi ). Karena jika tidak dirubah. Maka akan muncul penolakan dari Google Play Consolenya.

  1. versionCode 9
  2. versionName “9.0”