webrtc
webrtc

WebRTC adalah? dan Apa Manfaat webrtc chrome?

Diposting pada

malasngucap.com – WebRTC (Web Real-Time Communication) adalah sebuah aplikasi opensource yang menyediakan peramban web dan aplikasi mobile dengan komunikasi waktu nyata (RTC). Melalui antarmuka pemrograman aplikasi sederhana (API). Dengan adanya web rtc, memungkinkan anda melakukan komunikasi audio dan video untuk bekerja di dalam halaman web dengan memungkinkan komunikasi peer-to-peer langsung.

Selain itu dengan webrtc, menghilangkan kebutuhan untuk menginstal plugin atau mengunduh aplikasi asli. WebRTC ini telah Didukung oleh Apple, Google, Microsoft, Mozilla, dan Opera. WebRTC sedang distandarisasi melalui World Wide Web Consortium (W3C) dan Gugus Tugas Rekayasa Internet (IETF).

Tujuan dari dibuatnya WebRTC sendiri adalah menjadi aplikasi RTC berkualitas tinggi dan dikembangkan untuk peramban, Smartphone, atau mungkin dalam perangkat IoT. WebRTC juga memungkinkan semuanya untuk berkomunikasi melalui seperangkat protokol yang sama.

Jadi, bagaimana cara kerja WebRTC? Kode dan API

Penting untuk dipahami dari mana kita berasal. Jika Anda ingin membangun apa pun yang memungkinkan untuk panggilan suara atau video beberapa tahun yang lalu. Anda kemungkinan besar menggunakan C / C ++ untuk itu. Ini berarti siklus pengembangan yang panjang dan biaya pengembangan yang lebih tinggi.

WebRTC mengubah semua itu: dibutuhkan C / C ++ dan menggantinya dengan Javascript API.

WebRTC dilengkapi dengan layer Javascript API di bagian atas yang dapat Anda gunakan di dalam browser. Ini membuatnya jauh lebih mudah untuk mengembangkan dan mengintegrasikan komunikasi waktu nyata di mana saja. Secara internal, WebRTC sebagian besar masih diimplementasikan menggunakan C / C ++. Tetapi sebagian besar pengembang yang menggunakan WebRTC tidak perlu menggali lebih dalam ke lapisan ini untuk mengembangkan aplikasi mereka.

Ketersediaan WebRTC


WebRTC hari ini tersedia di semua browser modern. Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari dan Microsoft Edge mendukung WebRTC.

Anda juga dapat “mengambil” WebRTC dan mengintegrasikannya ke dalam aplikasi atau perangkat yang disematkan tanpa perlu browser sama sekali.

Media dan akses Webrtc Adalah

Apa yang dilakukan WebRTC adalah memungkinkan akses ke perangkat. Anda dapat mengakses mikrofon perangkat Anda, kamera yang Anda miliki di ponsel atau laptop – atau itu bisa berupa layar itu sendiri. Anda dapat menangkap tampilan pengguna dan kemudian membuat layar itu dibagi atau direkam dari jarak jauh.

Apa pun yang dilakukan WebRTC dalam waktu nyata, memungkinkan interaksi langsung.

WebRTC tidak terbatas pada suara dan video. Ini memungkinkan pengiriman semua jenis data yang sewenang-wenang.

Ada beberapa alasan WebRTC adalah pilihan tepat untuk komunikasi waktu nyata


Pertama-tama, WebRTC adalah project opensource,
Ini sepenuhnya gratis untuk penggunaan komersial atau pribadi. Jadi mengapa tidak menggunakannya?.

Karena terus berkembang dan membaik, Anda mengandalkan teknologi yang akan melayani Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.
WebRTC adalah pilihan yang cukup solid. Ini telah menciptakan ekosistem yang hidup di sekitarnya dari berbagai vendor dan perusahaan yang dapat membantu Anda dengan aplikasi Anda.

WebRTC hari ini tersedia di semua browser modern. Ini telah memungkinkan dan memberdayakan pembuatan kasus penggunaan baru dan model bisnis. Dari mengikuti pelajaran Gitar atau Yoga. Hingga badut medis atau terapi kelompok – hingga menjadi tuan rumah Webinar profesional berskala besar.

WebRTC mampu melayani semuanya dan banyak lagi. WebRTC tidak terbatas pada browser saja karena juga tersedia untuk aplikasi seluler.
Kode sumbernya portabel dan sudah digunakan di banyak aplikasi seluler.
Tersedianya SDK untuk lingkungan seluler dan tertanam sehingga Anda dapat menggunakan WebRTC untuk berjalan di mana saja.

WebRTC tidak hanya untuk panggilan suara atau video

Ini cukup kuat dan serbaguna. Anda dapat menggunakannya untuk membangun layanan panggilan grup, menambahkan rekaman atau menggunakannya hanya untuk pengiriman data. Terserah Anda untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan WebRTC.

WebRTC mengambil gagasan tentang layanan komunikasi dan menurunkannya menjadi fitur di dalam jenis layanan yang berbeda. Jadi sekarang Anda dapat mengambil WebRTC dan hanya menambahkan komunikasi dalam proses bisnis yang Anda butuhkan dalam aplikasi atau bisnis Anda. Jadi pilihan apa lagi yang benar-benar Anda miliki selain menggunakan WebRTC.

Gagasan seputar WebRTC dan untuk apa Anda dapat menggunakannya tidak terbatas. Jadi, teruskan – mulai membangun apa pun yang Anda butuhkan dan gunakan WebRTC untuk itu.